Kebijakan Privasi
Helpdesk Badan Kepegawaian Negara
Versi 1.0
Diperbarui pada: 23/10/2023
MOHON UNTUK MEMBACA SELURUH KEBIJAKAN PRIVASI YANG TERLAMPIR DENGAN CERMAT DAN SAKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN SETIAP FITUR DAN/ATAU LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM SISTEM HELPDESK BKN
I. Ketentuan Umum
Kebijakan Privasi ini adalah perjanjian antara pengguna (“Pengguna”) dan Badan Kepegawaian Negara ("BKN") selaku Penyelenggara Sistem Elektronik Sistem Helpdesk BKN ("Helpdesk BKN") dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh stakeholder. Kebijakan Privasi ini mengatur akses, penggunaan dan konten Helpdesk BKN.
Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan. Dengan menggunakan Helpdesk BKN, Pengguna dianggap setuju dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini. Apabila Pengguna tidak setuju terhadap salah satu, sebagian, atau seluruh isi yang tertuang dalam Kebijakan Privasi ini, maka Pengguna diperkenankan untuk tidak menggunakan atau mengakses Helpdesk BKN.
II. Jenis Informasi
Saat Pengguna membuat dan/atau menggunakan sebuah akun untuk mengakses Helpdesk BKN, BKN akan meminta Pengguna untuk memberikan data email dan password yang digunakan untuk login. Informasi ini penting karena pihak BKN akan memberikan akses masuk ke Sistem Helpdesk BKN, sebagai bagian dari upaya yang dilakukan untuk mendeteksi dan menghindari penggunaan oleh pihak yang tidak berwenang, atau penyalahgunaan Layanan. Adapun informasi yang dikumpulkan selain email yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pengguna masyarakat umum atau Nomor Identitas Pegawai (NIP) untuk pengguna PNS, Nama pengguna dan Nomor Handphone yang terhubung dengan Aplikasi WhatsApp. BKN akan mengolah informasi terkait data pribadi, sesuai dengan ketentuan dari Kebijakan Privasi ini.
Saat pengguna mengajukan pertanyaan dan konsultasi mengenai suatu permasalahan pada Sistem Helpdesk BKN, data pertanyaan beserta lampiran yang diupload oleh pengguna akan disimpan dalam sistem dan dapat dipergunakan untuk kepentingan pengolahan data, publikasi dan peningkatan layanan BKN.
III. Penggunaan dan Penanganan Informasi Pengguna
A. Penggunaan Informasi Pengguna
Untuk menyediakan Layanan dan Layanan Tambahan lainnya, BKN sebagai pengelola data, menggunakan Informasi Pengguna untuk tujuan berikut sesuai dengan Kebijakan Privasi ini:
- 1. Untuk melakukan verifikasi identitas Pengguna;
- 2. Untuk memantau, mendeteksi dan mencegah penggunaan, atau penyalahgunaan Layanan oleh pihak yang tidak sah atau salah;
- 3. Untuk menanggapi permintaan yang mungkin digunakan Pengguna untuk menggunakan Layanan Tambahan;
- 4. Untuk memperbaiki dan/atau mengoptimalkan Layanan dan Layanan Tambahan lainnya;
- 5. Untuk memungkinkan BKN memberikan dukungan penggunaan, dan menanggapi secara efektif pertanyaan dan permasalahan Pengguna;
- 6. Untuk mematuhi peraturan perundang-undangan atau kewajiban hukum yang berlaku.
- 7. Untuk keperluan publikasi dan peningkatan layanan BKN
B. Penanganan Informasi Pengguna
BKN telah menerapkan standar keamanan teknis dan organisasi yang sesuai untuk mencegah akses yang tidak sah, penyalahgunaan, penggantian, atau perusakan informasi Pengguna.
Untuk membantu melindungi privasi dan kerahasiaan Informasi Pribadi Pengguna, BKN meminta Pengguna untuk tidak berbagi kata sandi dengan orang lain, atau gunakan kata kunci atau kata sandi yang sama dengan yang telah digunakan untuk layanan lainnya. Bila Pengguna menduga ada penggunaan Akun yang tidak sah atau pelanggaran keamanan lainnya dapat menghubungi BKN.
Untuk menyediakan Layanan dengan cara yang andal dan bertanggung jawab, BKN memproses dan menyimpan informasi Pengguna pada server yang telah terjamin keamanannya sesuai dengan standar dan ketentuan hukum yang berlaku.
BKN menyimpan Informasi Pribadi yang Pengguna berikan untuk jangka waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi salah satu tujuan penggunaan yang berlaku yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini; atau mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.
IV. Pembaruan Kebijakan Privasi
BKN dapat memperbarui Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu dengan alasan apapun termasuk untuk memperbaiki pelaksanaan penjagaan privasi yang dilakukan, untuk melakukan pembaruan pada Layanan BKN, dan untuk mematuhi hukum yang berlaku.
Apabila BKN membuat pembaruan yang berdampak substansial pada Kebijakan Privasi, pihak BKN akan memberitahukan kepada Pengguna dengan cara yang wajar. BKN menganjurkan Pengguna untuk meninjau pembaruan tersebut secara seksama.
Dengan mengakses dan menggunakan layanan pada Sistem Helpdesk BKN, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Kebijakan Privasi ini. Dengan tetap menggunakan Layanan setelah pemberitahuan pembaruan telah dikomunikasikan kepada Pengguna atau diumumkan pada Layanan, maka hal tersebut menunjukkan penerimaan Pengguna atas perubahan dan persetujuan kepada pihak BKN untuk memperbarui Kebijakan Privasi.
SAYA TELAH MEMBACA DAN MENGERTI SELURUH KEBIJAKAN PRIVASI INI DAN KONSEKUENSINYA DAN DENGAN INI MENERIMA SETIAP HAK, KEWAJIBAN, DAN KETENTUAN YANG TELAH DIATUR DALAM KEBIJAKAN PRIVASI. PERNYATAAN INI DIANGGAP SEBAGAI PERSETUJUAN PEMILIK DATA PRIBADI.